Fakta di Balik Mayat Berjalan di Toraja


Fakta di Balik Mayat Berjalan di Toraja



Konon disebuah gua di desa Sillanang sejak tahun 1905 telah ditemukan mayat manusia yang utuh, tidak busuk sampai sekarang. Mayat itu tidak dibalsem seperti yang dilakukan orang-orang Mesir Purba bahkan tidak diberi ramuan apapun. Tapi bisa tetap utuh.


Menurut pendapat Tampubolon, kemungkinan ada semacam zat digua itu yang kasiatnya bisa mengawetkan mayat manusia. Kalau saja ada ahli geologi dan kimia yang mau membuang waktu menyelidiki tempat itu, agaknya teka teki gua Sillanang dapat dipecahkan.

Di samping mayat yang anti busuk, ada pula mayat manusia yang bisa berjalan diatas kedua kakinya, bagaikan orang hidup yang tidak kurang suatu apa pun. Kalau mau dicari juga perbedaan nya, ada. tapi tidak begitu terlihat.beda nya hanya manusia yang berjalan itu sudah mati atau bisa disebut mayat berjalan. Konon menurut Tampubolon, sang mayat berjalan kaku dan agak tersentak-sentak.

Dan dalam perjalanan itu ia tidak bisa sendirian, harus ditemani oleh satu orang hidup yang mengawalnya, sampai ketujuan akhir yaitu rumahnya sendiri. Mengapa 

harus demikian?

Cerita nya begini. Orang-orang Toraja biasa menjelajah daerahnya yang bergunung-gunung tetapi mereka menjelajahinya dengan berjln kaki. Dari zaman purba sampai sekarang tetap begitu. Mereka tidak mengenal pedati, delman, gerobak atau yang semacamnya. Nah dalam perjalanan yang panjang dan berat itu kemungkinan jatuh sakit dan mati.

Supaya mayat tidak sampai tertinggal didaerah yang tidak dikenal (orang Toradja menghormati roh setiap orang yang meninggal) dan juga supaya ia tidak menyusahkan manusia lainnya (akan sangat tidak mungkin menggotong terus-menerus jenazah sepanjang perjalanan yang makan waktu berhari-hari), maka dengan satu ilmu gaib, mungkin sejenis hipnotisme menurut istilah saman sekarang, mayat diharuskan pulang berjalan kaki dan baru berhenti bila ia sudah meletakkan badannya didalam rumahnya sendiri.jadi begitu lah cerita nya    tentang mayat berjalan di Toraja


Kini, tiba saatnya keluarga Tumonglo menjalani ritual inti dari Ma`nene. Di bawah kuburan tebing batu Tunuan, keluarga ini berkumpul menunggu peti jenazah nenek Biu--leluhur keluarga Tumonglo yang meninggal dunia setahun lalu--diturunkan. Tak jauh dari tebing, kaum lelaki saling bergandengan tangan membentuk lingkaran sambil melantunkan Ma`badong. Sebuah gerak dan lagu yang melambangkan ratapan kesedihan mengenang jasa mendiang yang telah wafat sekaligus memberi semangat pada keluarga almarhum.


Bersamaan dengan itu, peti jenazah pun mulai diturunkan dari lubang batu secara perlahan-lahan. Peti kusam berisi jasad nenek Biu. Keluarga Tumonglo mempercayai bahwa ada kehidupan kekal setelah kematian. Sejatinya kematian bukanlah akhir dari segala risalah kehidupan. Karena itu, menjadi kewajiban bagi setiap keluarga untuk mengenang dan merawat jasad leluhurnya meski sudah meninggal dunia beberapa tahun lalu. Dalam ritual ini, jasad orang mati dikeluarkan kembali dari tempatnya. Kemudian, mayat tersebut dibungkus ulang dengan lembaran kain baru oleh masing-masing anak cucunya.

Acara dilanjutkan dengan membuka dua peti yang berisi jasad leluhur. Mayat yang sudah meninggal setahun yang lalu itu dibungkus ulang dengan kain baru. Perlakuan itu diyakini atas rasa hormat mereka pada leluhur semasa hidup. Mereka yakin arwah leluhur masih ada untuk memberi kebaikan.



Namanya Bapak Lambaa, meninggal usia 70 tahun. Tingginya sekitar 165 cm. Keluarganya menggulung celana dengan perlahan hingga lutut. Yang lain ikut mendandani Ambe Lambaa. Pakaian usang yang dikenakannya bertahun-tahun sekarang ikut diganti. Kaos kaki, jas, celana luar dan dalam. Hingga rambut harus disisir.

Kini bapak Lambaa kembali menggunakan pakaian bersih. Perlahan-lahan ditidurkan kembali pada rumah petinya.


No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

COBAQQ.NET BANDARQ, BANDARQ ONLINE, BANDAR QQ, AGEN WEB BANDARQ, DOMINO 99, DOMINO QQ TERPERCAYA

COBAQQ.NET BANDARQ, BANDARQ ONLINE, BANDAR QQ, AGEN BANDARQ, WEB BANDARQ, DOMINO 99, DOMINO QQ TERPERCAYA

ONEBETQQ.COM AGEN BANDAR POKER | BANDAR POKER | BANDAR POKER ONLINE | DOMINO 99 | BANDARQ TERPERCAYA

COBAQQ Kontes SEO Poker Dan BandarQ Terpercaya

COBAQQ Kontes SEO Poker Dan Domino Online Indonesia

ONEBETQQ.COM AGEN BANDAR POKER | BANDAR POKER | BANDAR POKER ONLINE | DOMINO 99 | BANDARQ TERPERCAYA

JACKPOT COBAQQ

ONEBETQQ.COM AGEN BANDAR POKER | BANDAR POKER | BANDAR POKER ONLINE | DOMINO 99 | BANDARQ TERPERCAYA